Kamis, 16 Januari 2014

Membuat Alat Peraga dengan kain Flanel

Kain flnel atau felt dapat digunakan sebagai bahan dasar  untuk membuat bentuk-bentuk beraneka kreasi boneka lucu sebagai alat peraga di sekolah minggu maupun pembelajaran anak-anak prasekolah. selain banyak pilihan warna yang menarik, kain flaner mudah di dapat dan aman bagi anak-anak.
Seperti yang kami angkat di laman blog ini, kita mencoba untuk memanfaatkan kain flanel untuk membuat boneka jari.

BONEKA JARI
Boneka sangat disukai oleh anak-anak bahkan beberapa orang dewasa juga ada yang menggemari.boneka  sangatlah efekif sebagai alat peraga untuk bercerita, dalam bercerita menggunakan alat peraga tentunya kita juga menyesuaikan banyak sedikitnya anak-anak yang mendengarkan, kalau sedikit anak tentu kita menggunakan alat peraga yang kecil sebaliknya kalau anak-anak banyak kita gunakan alat peraga yang besar.

Boneka jari tentunya sangat cocok digunakan untuk acara-acara atau pertemuan anak yang sedikit, karena bentuknya kecil.


Dari  kain flanel kitapun  bisa membuat boneka jari seperti pada di gambar diatas. cara membuatnya nanti kita akan suguhkan di artikel selanjutnya. ( sabar yah )

Kain flanel juga bisa kita gunakan untuk membuat beraneka kerajinan tangan seperti sofenir pernikahan, cindra mata ulang tahun, tempelan dinding, gantungan kunci dll. Untuk membentuk dan menghasilkan kerajinan atau bentuk- bentuk dengan kain flannel kita tidak perlu menggunakan pola flanel dan jahitan yang rumit, kita bisa menggunakan dengan tangan, cara membuatnya pun mudah, selain dengan menjahit kita jua bisa dengan cara  menempel pola flanel boneka, seperti pola di bawah ini, Kita bisa mendapatkan pola flanel dibawah ini dari gambar di majalah, internet atau buku-buku kerajinan flanel yg sekarang sudah banyak tersedia di toko buku.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan memuaskan kita harus terus menerus- menerus mempraktekan dan membuat bentuk-bentuk. SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar